July 25, 2015

Mencari Dikau dalam Nyanyi Sunyi


;sebuah kajian prematur puisi Amir Hamzah

INTRO

Bahasa merupakan sebuah sistem lambang atau tanda yang bersifat arbitrer, dan konvensional. Tanda-tanda tersebut memiliki makna tersendiri, dilihat dari interpretasi setiap orang. Seperti yang diungkapkan oleh Rachmat Djoko Pradopo, bahwa bahasa sebagai medium karya sastra sudah merupakan sistem semiotik atau ketandaan, yaitu sistem yang mempunyai arti.
Medium karya sastra bukanlah bahan yang bebas seperti bunyi pada seni musik ataupun warna pada lukisan. Warna cat pada lukisan sebelum digunakan masih bersifat netral, belum mempunyai arti apa-apa, sedangkan kata-kata, sebelum dipergunakan dalam karya sastra sudah merupakan lambang yang mempunyai arti yang ditentukan oleh perjanjian masyarakat.
Lambang-lambang atau tanda-tanda kebahasaan itu berupa satuan-satuan bunyi yang mempunyai arti konvensional. Bahasa itu merupakan sistem ketandaan yang berdasarkan konvensi masyarakat. Sistem ketandaan itu disebut semiotik. Begitu juga ilmu yang mempelajari sistem tanda-tanda itu disebut semiotika.
Dalam memahami sebuah tanda, khususnya dalam sebuah karya sastra berupa puisi, setiap individu pasti memiliki interpretasi yang berbeda. Hal itu merupakan sebuah bentuk kewajaran yang pasti akan terjadi. Begitu juga dalam menginterpretasikan sebuah puisi, yang di dalamnya terdapat tanda-tanda (bahasa) yang memiliki makna tersendiri di balik tanda-tanda tersebut.
Dalam salah satu puisi karya Amir Hamzah yang berjudul Memuji Dikau terdapat juga tanda-tanda yang memiliki makna tersendiri. Amir coba menyampaikan sesuatu melalui tanda dalam sebuah karya sastra yang ia karang. Tanda itu dapat ditemukan setelah kita coba untuk mengkajinya dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan konsep semiotika Michael Riffaterre.
Kajian ini, menjadi alternatif untuk mengkaji sastra dari aspek semiotika. Selanjutnya, dimaksudkan untuk mengungkapkan bagaimana makna simbol-simbol dalam puisi Memuji Dikau karya Amir Hamzah.

REFFRAIN

Semiotik adalah ilmu yang pempelajari tentang tanda yang mempunyai makna. Tokoh dalam semiotik terdiri atas Ferdinand de Saussure, dan Charles Sander Pierce. Menurut Sariban, (2009:44-45) konsep Semiotik menurut Ferdinand de Saussure menjelaskan bahwa tanda mempunyai dua aspek, yakni penanda (signifier), dan petanda (signified). Penanda adalah bentuk formal yang menandai suatu petanda. Penanda adalah bentuk formal bahasa, sedangkan petanda adalah arti yang ditimbulkan oleh bentuk formal.
Semiotika, biasanya didefinisikan sebagai pengkajian tanda-tanda, pada dasarnya merupakan sebuah studi atas kode-kode, yaitu sistem apa pun yang memungkinkan kita memandang entitas-entitas tertentu sebagai tanda-tanda atau sebagai sesuatu yang bermakna (Scholes, 1982: ix). Menurut Riffaterre dalam bukunya yang berjudul Semiotics of Poetry, mengemukakan bahwa ada empat hal yang harus diperhatikan dalam memahami dan memaknai sebuah puisi. Empat hal tersebut adalah: (1) puisi adalah ekspresi tidak langsung, menyatakan suatu hal dengan arti yang lain, (2) pembacaan heuristik dan hermeneutik (retroaktif), (3) matriks, model, dan varian, dan (4) hipogram (Riffatere dalam Salam, 2009:3).
Untuk mengungkapkan makna secara semiotik, dapat dilakukan dengan kajian heuristik dan hermeneutik atau retroaktif (Riffaterre, 1978:5-6). Heuristik merupakan langkah untuk menemukan makna melalui penkajian struktur bahasa dengan mengintrepetasikan teks sastra secara referensial lewat tanda-tanda linguistik. Langkah ini berasumsi bahwa bahasa bersifat referensial, artinya bahasa harus dihubungkan dengan hal-hal nyata. Pembacaan hermeneutik atau retroaktif merupakan kelanjutan dari pembacaan heuristik untuk mencari makna. Metode ini merupakan cara kerja yang dilakukan pembaca dengan bekerja secara terus menerus lewat pembacaan teks sastra secara bolak-balik dari awal sampai akhir (Riffattere dalam Sangidu, 2004: 19).
Pada puisi Memuji Dikau karya Amir Hamzah ini akan dikaji melalui analisis semiotik dengan beberapa aspek berikut, yaitu:

Analisis Heuristik

Langkah-langkah penerapan Heuristik adalah dengan mengkaji makna melalui teks atau bahasa secara harfiah dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata.
Dalam menerapkan Heuristik tidak menghiraukan kelengkapan atau kesempurnaan teks atau kondisi gramatikal. Sehingga apresiator dapat menambah ataupun mengurangi bentuk gramatikal yang ada guna menemukan makna yang terkandung dalam teks karya sastra itu sendiri.
Dalam pembacaan heuristik ini, sajak dibaca berdasarkan struktur kebahasaannya. Untuk memperjelas arti bilamana perlu disimpan kata atau sinonim kata-katanya ditaruh dalam tanda kurung. Begitu juga, struktur kalimatnya disesuaikan dengan kalimat baku (berdasarkan tata bahasa normatif); bilamana perlu susunannya dibalik untuk memperjelas arti. Pembacaan heuristik puisi Memuji Dikau itu sebagai berikut.

Memuji Dikau

Kalau aku memuji dikau (tuhanku), (maka) dengan mulut (yang) tertutup (khidmat), (serta) mata (yang) terkatup (khusyuk),
(bersujudlah) Sujudlah segalaku (aku dengan segenap kesungguhan), diam terbelam (menjadi kabur dan suram), di dalam (pancaran cahaya) kalam asmara raya.
Turun kekasihmu (semata cahaya), mendapatkan daku (sedang) duduk bersepi, (dan ber-) sunyi sendiri.
Dikucupnya (dikecupnya) bibirku, dipautnya (dilekat-dekapnya) bahuku, digantunginya (dilingkarinya) leherku (berkalung di leher aku),
(dalam peluk yang) hasratkan suara sayang semata (belaka; semaunya tiada kecualinya).
Selagi hati (ku tengah) bernyanyi, (di) sepanjang sujud (ku yang) semua segala (segalaku; dengan segenap kesungguhan),
(lantas) bertindih ia pada pahaku, meminum (mereguk; merasai nikmat) ia akan suaraku….
Dan,
Ia pun (kembali) melayang (dan) pulang,
Semata cahaya,
Lidah api dilingkung kaca,
Menuju restu, sempana sentosa.

Tentu saja pembacaan heuristik ini belum memberikan makna sajak yang sebenarnya. Pembacaan ini terbatas pada pemahaman terhadap arti bahasa sebagai sistem semiotik tingkat pertama, yaitu konvensi bahasanya.

Analisis Hermeneutik

Langkah-langkah penerapan Hermeneutik adalah dengan mengkaji makna melalui pembacaan yang berulang-ulang dengan meramalkan makna yang terkandung secara tersirat pada karya sastra itu sendiri dengan menggunakan segenap pengetahuan yang dimiliki
Dalam menerapkan Hermeneutik memperhatikan segala bentuk kode yang ada diluar kode bahasa guna menemukan makna yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Pembacaan hermeneutik itu sebagai berikut. Memuji Dikau mengiaskan bahwa

CODA

Karya sastra merupakan suatu hasil cipta seseorang. Seorang pencipta karya, biasanya membuat suatu karya, dengan maksud dan tujuan tertentu. Karya sastra dari Aslan Abidin, misalnya, dalam puisinya yang berjudul Lirisme Buah Apel yang Jatuh ke Bumi, penyair mencoba menyampaikan suatu pengalaman hidup yang pernah ia alami. Dengan menggunakan banyak perlambangan.
Dalam karya tersebut, Aslan Abidin memberikan tanda-tanda yang setiap tanda itu memiliki makna tersendiri. Kata itu dapat kita interpretasikan dengan akal pikiran kita. Meskipun pada kenyataanya belum tentu apa yang kita interpertasikan sepaham dengan pemikiran atau maksud yang ingin disampaikan oleh penyair tersebut.

———————————————

Daftar Pustaka

Riffaterre, Michael. 1978. Semiotics of Poetry. Blamington & London: Indiana University Press.
Fauzi, Ahmad. 2013. Kajian Semiotika. Jogjakarta: Pustaka Ilmu.
Abidin, Aslan. 2008. Bahaya Laten Malam Pengantin. Makassar: Ininnawa.
KBBI

No comments:

Post a Comment